HADITS KE-54
عَنْ اَلْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رضي الله عنه قَالَ: ( كُنْتُ مَعَ
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَتَوَضَّأَ فَأَهْوَيْتُ لِأَنْزِعَ خُفَّيْهِ
فَقَالَ: دَعْهُمَا فَإِنِّي أَدْخَلْتُهُمَا طَاهِرَتَيْنِ فَمَسَحَ عَلَيْهِمَا
) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
لِلْأَرْبَعَةِ عَنْهُ
إِلَّا النَّسَائِيَّ: ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم مَسَحَ أَعْلَى
اَلْخُفِّ وَأَسْفَلَهُ ) وَفِي إِسْنَادِهِ ضَعْف ٌ
Mughirah Ibnu Syu'bah
Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku pernah bersama Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam ketika beliau berwudlu aku membungkuk untuk melepas kedua sepatunya lalu
beliau bersabda: Biarkanlah keduanya sebab aku dalam keadaan suci ketika aku
mengenakannya Kemudian beliau mengusap bagian atas keduanya Muttafaq Alaihi
Menurut riwayat Imam Empat
kecuali Nasa'i: bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengusap sepatu bagian
atas dan bawahnya Dalam sanad hadits ini ada kelemahan
HADITS KE-55
عَنْ عَلِيٍّ رضي الله
عنه قَالَ: ( لَوْ كَانَ اَلدِّينُ بِالرَّأْيِ لَكَانَ أَسْفَلُ اَلْخُفِّ أَوْلَى
بِالْمَسْحِ مِنْ أَعْلَاهُ وَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
يَمْسَحُ عَلَى ظَاهِرِ خُفَّيْهِ ) أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ حَسَن ٍ
Ali Radliyallaahu 'anhu berkata:
Jikalau agama itu cukup dengan pikiran maka bagian bawah sepatu lebih utama
untuk diusap daripada bagian atas Aku benar-benar melihat Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengusap punggung kedua sepatunya Diriwayatkan
oleh Abu Dawud dengan sanad yang baik
HADITS KE-56
عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ رضي الله عنه قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفْرًا أَنْ لَا نَنْزِعَ
خِفَافَنَا ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ إِلَّا مِنْ جَنَابَةٍ وَلَكِنْ
مِنْ غَائِطٍ وَبَوْلٍ وَنَوْمٍ ) أَخْرَجَهُ النَّسَائِيُّ وَاَلتِّرْمِذِيُّ
وَاللَّفْظُ لَهُ وَابْنُ خُزَيْمَةَ وَصَحَّحَاه
Shafwan Ibnu Assal berkata: Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah menyuruh kami jika kami sedang bepergian
untuk tidak melepas sepatu kami selama tiga hari tiga malam lantaran buang air
besar kencing dan tidur kecuali karena jinabat Dikeluarkan oleh Nasa'i Tirmidzi
dan Ibnu Khuzaimah Lafadz menurut Tirmidzi Hadits shahih menurut Tirmidzi dan
Ibnu Khuzaimah
HADITS KE-57
عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رضي الله عنه قَالَ: ( جَعَلَ
اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ لِلْمُسَافِرِ
وَيَوْمًا وَلَيْلَةً لِلْمُقِيمِ يَعْنِي: فِي اَلْمَسْحِ عَلَى اَلْخُفَّيْنِ )
أَخْرَجَهُ مُسْلِم
Ali Ibnu Abu Thalib
Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menetapkan tiga
hari tiga malam untuk musafir (orang yang bepergian) dan sehari semalam untuk
orang yang menetap --yakni dalam hal mengusap kedua sepatu Riwayat Muslim
HADITS KE-58
عَنْ ثَوْبَانَ رضي الله عنه قَالَ: ( بَعَثَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم سَرِيَّةً فَأَمَرَهُمْ أَنْ يَمْسَحُوا عَلَى اَلْعَصَائِبِ - يَعْنِي
اَلْعَمَائِمَ -وَالتَّسَاخِينِ- يَعْنِي اَلْخِفَافَ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ وَأَبُو
دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِم
Tsauban Radliyallaahu 'anhu
berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengirim pasukan tentara
beliau memerintahkan mereka agar mengusap ashoib --yaitu sorban-sorban dan
tasakhin-- yakni sepatu Riwayat Ahmad dan Abu Dawud Hadits shahih menurut Hakim
HADITS KE-59
عَنْ عُمَرَ
-مَوْقُوفًا- وعَنْ أَنَسٍ -مَرْفُوعًا- ( إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ وَلَبِسَ
خُفَّيْهِ فَلْيَمْسَحْ عَلَيْهِمَا وَلْيُصَلِّ فِيهِمَا وَلَا يَخْلَعْهُمَا إِنْ
شَاءَ إِلَّا مِنْ جَنَابَةٍ ) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَالْحَاكِمُ
وَصَحَّحَه
Dari Umar Radliyallaahu 'anhu
secara mauquf dan dari Anas Radliyallaahu 'anhu secara marfu': Apabila seseorang
di antara kamu berwudlu sedang dia bersepatu maka hendaknya ia mengusap bagian
atas keduanya dan sholat dengan mengenakannya tanpa melepasnya jika ia
menghendaki kecuali karena jinabat Diriwayatkan oleh Daruquthni dan Hakim Hadits
shahih menurut Hakim
HADITS KE-60
وَعَنْ أَبِي بَكْرَةَ رضي الله عنه عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه
وسلم ( أَنَّهُ رَخَّصَ لِلْمُسَافِرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ
وَلِلْمُقِيمِ يَوْمًا وَلَيْلَةً إِذَا تَطَهَّرَ فَلَبِسَ خُفَّيْهِ: أَنْ
يَمْسَحَ عَلَيْهِمَا ) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ
خُزَيْمَة
Melalui Abu Bakrah dari Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam: Bahwa beliau memberikan kemudahan bagi musafir
tiga hari tiga malam dan bagi mukim (orang yang menetap) sehari semalam apabila
ia telah bersuci dan memakai kedua sepatunya maka ia cukup mengusap bagian
atasnya Diriwayatkan oleh Daruquthni dan shahih menurut Ibnu Khuzaimah
HADITS KE-61
عَنْ أُبَيِّ بْنِ عِمَارَةَ رضي الله عنه أَنَّهُ قَالَ: ( يَا رَسُولَ
اَللَّهِ أَمْسَحُ عَلَى اَلْخُفَّيْنِ؟ قَالَ: نَعَمْ قَالَ: يَوْمًا؟ قَالَ: نَعَمْ قَالَ: وَيَوْمَيْنِ؟ قَالَ: نَعَمْ قَالَ: وَثَلَاثَةً؟ قَالَ: نَعَمْ وَمَا شِئْتَ أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ وَقَالَ: لَيْسَ
بِالْقَوِيِّ )
Dari Ubay Ibnu Imarah
Radliyallaahu 'anhu bahwa dia bertanya: Ya Rasulullah bolehkah aku mengusap
kedua sepatuku? Rasul menjawab: ya boleh Ia bertanya: dua hari? Rasul menjawab:
ya boleh Ia bertanya lagi: tiga hari? Rasul menjawab: ya boleh sekehendakmu
Dikeluarkan oleh Abu Dawud dengan menyatakan bahwa hadits ini tidak kuat